Thursday, November 29, 2012

cara menghapus virus pada laptop/komputer secara manual

Trik Hapus Virus Komputer Sendiri (1), Cara Terhebat Hapus Virus Optimal Windows (2), Delete Virus (2),  Deteksi Virus Tanpa Antivirus (1), Mengatasi Virus (2), Menghilangkan Virus (1), Membersihkan Virus Manual (4) Hapus Virus Manual Tanpa Antivirus (4), Deteksi Virus Ampuh (1) virus secara manual adalah solusi yang cukup efektif jika virus baru tersebut hanya berperan sebagai pengganggu saja. Bagaimana dengan virus penghancur? Tentu itu menjadi sulit jika dilakukan secara manual karena telah menginfeksi sistem file yang berformat .exe seperti virus Alman, Sality, Ramnit dan lain sebagainya. Semua itu terjawab jika dilakukan secara cepat dan tepat tanpa membiarkan berlama-lama dalam menangani virus.


Berikut cara membasmi virus, malware, trojan dan spyware secara manual pada laptop/komputer :

1. Mematikan Virus di Memori,

Saudara bisa melihatnya dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del, kemudian pilih tab processes. Klik bagian “User Name” untuk mengurutkan file. Perhatikanlah nama aplikasi running yang mencurigakan, jika telah ditemukan, maka klik list tersebut, setelah itu klik End Process. Bila banyak proses yang sedang berjalan, saudara cukup quit pada macam-macam program startup dekat jam di toolbar.

Saudara cukup memperhatikan bagian username komputer. Jangan mematikan file yang kategori “System”, “Local Service”, dan “Network Service”, karena bisa membuat sistem Hang atau Freeze.

2. Non-aktifkan Virus di Startup,

Masuk melalui Run, kemudian ketik “msconfig”. Setelah itu pilih tab “startup”. Pada list startup, hilangkan tanda centang virus agar tidak berjalan kembali di memori. Klik Apply untuk menerapkannya dan setelah itu Close. Untuk sementara muncul pesan System Configuration, saudara cukup klik “Exit Without Restart” sebab masih mempunyai beberapa langkah untuk melanjutkan ketahap berikutnya.


3. Hapus Virus dari System Registry,

Saat ini kita menggunakan REGEDIT untuk menghapus virus dengan cara start > run > regedit. Gunakan Ctrl + F pada keyboard untuk mencari file virus dengan mengetikkan “nama virus” contoh “Alman.exe” kemudian Find Next. Apabila file maupun folder virus telah ditemukan, maka tanpa basa-basi langsung saudara delete aja tuh virus.

Tekan tombol F3 untuk pencarian selanjutnya agar dapat melakukan pembersihan secara efektif, sebab jika tidak maka secara otomatis pekerjaan anda akan menjadi sia-sia.

4. Menghapus Virus dari Komputer,

Tahap terakhir ini menggunakan fasilitas “Search di Windows”. Pada umumnya file induk virus alias bosnya berada di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Silahkan sekaligus search para karyawan-karyawan virus tadi diseluruh Drive komputer dan ucapkan good bye kepadanya.


5. Menggunakan Tool CCleaner.

Agar terasa lebih maksimal, gunakan tool CCleaner yang bisa di download secara gratis di situs resmiwww.piriform.com. Kemudian Scan registry sampah untuk mengoptimalkan sistem windows.

ads